![]() |
Divisi
Marketing (Agung- kemeja hitam) saat memberikan
cindera mata ke dosen Unsera
(TB. Ravi H)
|
FISIPNEWS – Dalam rangka mengkorelasikan
antara teori yang diajarkan dikelas dan
dunia praktik jurnalistik yang sesungguhnya tentu perlu adanya pemahaman yang
seksama antara kedua hal tersebut, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi yang
berkonsentrasi dibidang jurnalistik, ‘kunjungan jurnalistik’ yang dilakukan
oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Serang Raya pada Rabu (11/12) ke
studio SCTV merupakan bagian dari praktik tersebut, demikian yang dicetuskan
oleh seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik semester VII (Tujuh) yang
ditunjuk sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut, Yudhistira Hermawan.
Kegiatan
yang berawal dari obrolan kecil antara dosen dan mahasiswa yang kemudian
diimplementasikan dengan berbagai sosialisasi kepada mahasiswa ilmu komunikasi,
sehingga banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, namun
karena kuota yang membatasi sehingga kegiatan tersebut hanya mengikutsertakan
49 mahasiswa yang terdiri dari 18 mahasiswa dari semester VII (tujuh), 14
mahasiswa dari semester V (lima) dan 18 mahasiswa dari semester III (tiga), dan
dari semester I (satu) belum dapat bagian dari kegiatan tersebut. “ Bukan tidak
diajak, tapi kita terbatas dengan kuota yang diberikan dari pihak SCTV, yaitu
maksimal 50 orang dan ini adalah kebijakan dari panitia” Kata Yudhistira.
Ia
juga menjelaskan bahwa rencana awal kegiatan tersebut akan dilaksanakan didua
stasiun televisi, yaitu SCTV dan Kompas TV, namun dari pihak Kompas TV yang
berkoordinasi dengan panitia belum memenuhi kunjungan tersebut, terpaksa hanya
dilaksanakan distudio SCTV, dan sebagai gantinya para peserta akan diberi
kebebasan untuk hunting foto di Taman Mini Indonesia Indah (TMII-red).
Sambutan hangat langsung diberikan
oleh pihak SCTV kepada mahasiswa yang baru tiba dilokasi sekitar pukul 11.20,
dan langsung bertemu dengan Agung, Divisi Marketing SCTV diruang pertemuan,
salam sapa dan diskusi pendek terjadi antara kedua belah pihak, setelah 30
menit ia menjelaskan tentang sistematika dan
program jurnalistik SCTV, ia (div. marketing) langsung membawa peserta berkeliling
menuju ruang kerja jurnalistik, diantaranya Liputan 6 SCTV, ruang editing,
ruang make up presenter dan ruang
control seluruh program SCTV.
Kegiatan yang sangat positive
terhadap perkembangan skil dan kemampuan mahasiswa komunikasi dibidang jurnalistik
khususnya, dimana para mahasiswa mampu melihat dan menyaksikan sendiri proses
penayangan berita distasiun televisi secara langsung,
“semoga
kegiatan ini menjadi rutinitas kita khususnya mahasiswa ilmu komunikasi” kata perwakilan
mahasiswa semester V, Sujaka Fajar. 









0 komentar:
Posting Komentar