Sponsor

Kamis, 12 Desember 2013

Kunjungan Jurnalistik sebagai Sarana Pengembangan Skill Jurnalistik

Divisi Marketing (Agung- kemeja hitam) saat memberikan 
cindera mata ke dosen Unsera (TB. Ravi H) 
FISIPNEWS – Dalam rangka mengkorelasikan antara teori yang diajarkan dikelas  dan dunia praktik jurnalistik yang sesungguhnya tentu perlu adanya pemahaman yang seksama antara kedua hal tersebut, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berkonsentrasi dibidang jurnalistik, ‘kunjungan jurnalistik’ yang dilakukan oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Serang Raya pada Rabu (11/12) ke studio SCTV merupakan bagian dari praktik tersebut, demikian yang dicetuskan oleh seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik semester VII (Tujuh) yang ditunjuk sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut, Yudhistira Hermawan.
            Kegiatan yang berawal dari obrolan kecil antara dosen dan mahasiswa yang kemudian diimplementasikan dengan berbagai sosialisasi kepada mahasiswa ilmu komunikasi, sehingga banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, namun karena kuota yang membatasi sehingga kegiatan tersebut hanya mengikutsertakan 49 mahasiswa yang terdiri dari 18 mahasiswa dari semester VII (tujuh), 14 mahasiswa dari semester V (lima) dan 18 mahasiswa dari semester III (tiga), dan dari semester I (satu) belum dapat bagian dari kegiatan tersebut. “ Bukan tidak diajak, tapi kita terbatas dengan kuota yang diberikan dari pihak SCTV, yaitu maksimal 50 orang dan ini adalah kebijakan dari panitia” Kata Yudhistira.
            Ia juga menjelaskan bahwa rencana awal kegiatan tersebut akan dilaksanakan didua stasiun televisi, yaitu SCTV dan Kompas TV, namun dari pihak Kompas TV yang berkoordinasi dengan panitia belum memenuhi kunjungan tersebut, terpaksa hanya dilaksanakan distudio SCTV, dan sebagai gantinya para peserta akan diberi kebebasan untuk hunting foto di Taman Mini Indonesia Indah (TMII-red).            
Sambutan hangat langsung diberikan oleh pihak SCTV kepada mahasiswa yang baru tiba dilokasi sekitar pukul 11.20, dan langsung bertemu dengan Agung, Divisi Marketing SCTV diruang pertemuan, salam sapa dan diskusi pendek terjadi antara kedua belah pihak, setelah 30 menit ia menjelaskan tentang sistematika dan  program jurnalistik SCTV, ia (div. marketing) langsung membawa peserta berkeliling menuju ruang kerja jurnalistik, diantaranya Liputan 6 SCTV, ruang editing, ruang make up presenter dan ruang control seluruh program SCTV.
Kegiatan yang sangat positive terhadap perkembangan skil dan kemampuan mahasiswa komunikasi dibidang jurnalistik khususnya, dimana para mahasiswa mampu melihat dan menyaksikan sendiri proses penayangan berita distasiun televisi secara langsung,
“semoga kegiatan ini menjadi rutinitas kita khususnya mahasiswa ilmu komunikasi” kata perwakilan mahasiswa semester V, Sujaka Fajar. 

0 komentar:

Posting Komentar